Frequent Asked Questions

Companies

Apa itu Simonas ?
Simonas adalah singkatan dari Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi. Aplikasi Simonas bertujuan untuk mempertemukan para kandidat yang telah dinyatakan kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi SKKNI dengan Para Perusahaan/Startup yang membuka lowongan secara gratis.
Kandidat yang terdaftar pada Aplikasi Simonas telah dinyatakan kompeten dan memiliki sertifikat SKKNI. Perusahaan/Startup dapat menetukan jenis sertifikasi SKKNI yang dibutuhkan untuk suatu lowongan, sehingga lebih memudahkan dalam menyeleksi kandidat. Proses seleksi kandidat dilakukan oleh masing-masing perusahaan/Startup.
Siapa Saja Yang Dapat Menggunakan Simonas?
Aplikasi Simonas dapat digunakan oleh Perusahaan/Startup yang telah melakukan registrasi dan telah diverifikasi oleh Kementerian Kominfo melalui Pusbang Profesi dan Sertifikasi. Registrasi dapat dilakukan melalui link berikut ini. Perusahaan/Startup akan mendapatkan notifikasi melalui email jika pendaftaran telah diverifikasi oleh Kementerian Kominfo. Aplikasi Simonas ini dapat digunakan secara gratis oleh Perusahaan/Startup dan Kandidat.
Saya Tidak Dapat Melakukan Log in
1. Periksa kembali Username dan password, atau reset account pada link berikut
2. Pendaftaran Perusahaan/Startup belum diverifikasi, Perusahaan/Startup akan mendapatkan notifikasi melalui email jika pendaftaran telah diverifikasi oleh Kementerian Kominfo.
Apa yang dimaksud dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) ?
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan. SKKNI dikembangkan melalui konsultasi dengan industri terkait, untuk memastikan kesesuaian kebutuhan di tempat kerja. SKKNI digunakan terutama untuk merancang dan mengimplementasikan pelatihan kerja, melakukan asesmen (penilaian) keluaran pelatihan, serta asesmen tingkat keterampilan dan keahlian terkini yang dimiliki oleh seseorang. SKKNI ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan.