Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bagi Angkatan Kerja Muda di Gelar Kota Tangerang Selatan

Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Kementerian Kominfo, hari Rabu 12 September 2019 membuka gelaran acara kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI bidang Informatika, di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia, khususnya bidang informatika diharapkan peserta dapat memaksimalkan kemampuan bidang informatikanya sehingga meraih predikat kompeten.
 
Drs. Sudjarwo, M.M., dalam laporannya sebagai panitia kegiatan, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 75(tujuhpuluh lima ) orang peserta yang berasal dari wilayah Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya di wilayah provinsi Banten, yang telah lulus dari pendidikan S1 atau D3 bidang Informatika yang belum bekerja. Dikesempatan tersebut juga Sudjarwo menyampaikan kegiatan tersebut merupakan Layanan Pemerintah kepada masyarakat Indonesia khususnya Angkatan Kerja Muda yang menempatkan diri di bidang IT untuk diberikan bekal berdasarkan, Pengetahuan, Skill, dan Attitudenya sehingga dianggap kompeten dan mendapat sertifikat SKKNI.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten yang diwakili oleh Plh. Kepala Balai Latihan Kerja dan Industri, Ibu Yuni Stiasari, S.H., M.Si., menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Pusbang Litprof SDM Informatika di wilayah Provinsi Banten. Beliau dalam sambutannya juga memaparkan, bahwa di Banten, pemerintah provinsi juga ikut mendorong peningkatan kemampuan SDM di wilayah pemerintahannya di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) yang kebetulan lokasinya berada di Serpong. Ibu Yuni Stiasari mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo khususnya Pusbang Proserti, yang ikut memberika pelayanan untuk meningkatkan kemampuan SDM masyarakat Banten di Bidang TIK.
 
Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia bidang Informatika dalam Pembukaan gelar kegiatan sertifikasi terhadap 75 orang angkatan kerja muda bidang informatika memberikan gambaran kondisi SDM bidang TIK di Indonesia saat ini, bahwa banyaknya Industri yang membutuhkan tapi sulit untuk mendapatkannya dari Indonesia bukan karena tidak ada, tapi dikarenakan kurangnya bukti kompetensi yang dimiliki oleh SDM yang mengajukan lamaran yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut. Diharapkan dengan kegiatan sertifikasi berbasis SKKNI ini bisa menghantarkan SDM Informatika Indonesia bisa mengisi lowongan pekerjaan yang disediakan oleh industri, baik itu industri dalam negeri maupun luar negeri.
 
Hedi M. Idris, dalam kesempatan sambutannya sekaligus membuka kegiatan Sertifikas Nasional Berbasis SKKNI bagi Angkatan Kerja Muda di Banten, “Dengan berucap Bismillahirrohmaanirrohim, kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI bagi Angkatan Kerja Muda di Tangerang Selatan, secara resmi saya nyatakan di buka.”
 
Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 12 September 2018 sampai dengan 14 September 2018 menguji kompetensi SDM bidang Informatika dengan skema antara lain Multimedia Madya, Programmer Madya, dan Networking Madya. Lembaga Sertifikasi Profesi yang ditunjuk untuk melaksanakan Asessment adalah LSP Komputer.